Pelajari Metode Ekonometrika Statistika

Ekonometrika merupakan perpaduan dari ilmu ekonomi dan matematika ekonomi yang biasanya didalamnya akan membahas fenomena ekonomi yang memiliki sifat kualitatif dalam bentuk angka. Biasanya analisis yang ada di dalam ilmu ini menggabungkan tiga teori yaitu ekonomi, matematika, dan statistika. Ketiganya digabungkan ke dalam satu sistem analisis yang lengkap.

Umumnya, metode ekonometrika melakukan analisis terhadap fenomena ekonomi yang disertai dengan statistika inferensi yang mana membuat pengujian empiris dapat dilakukan terhadap teori ekonomi yang telah dianalisis. Adapun kajiannya secara umum terbagi menjadi kajian mengenai hubungan antar variabel ekonomi, penggunaan data empiris untuk dapat menguji teori ekonomi, pengujian hipotesis melalui perilaku ekonomi, dan yang terakhir perkiraan perilaku ekonomi dari variabel ekonomi.

Biasanya, teorama-teorama yang memiliki sifat apriori yang ada dalam ilmu ekonomi ini akan dinyatakan terlebih dahulu ke dalam bentuk matematik. Hal ini agar pengujian dapat dilakukan terhadap teorama-teorama tersebut. Terdapat istilah model yang merupakan bentuk matematik teorama ekonomi ini. Pembuatan modelnya merupakan salah satu sumbangan dari ekonometrika selain pembuatan prediksi. Untuk mempermudah pengambilan keputusan dalam menentukan pilihan, pembuatan berbagai keputusan alternatif memiliki sifat kuantitatif.

Analisis regresi menjadi salah satu bagian paling penting dari metode ekonometrika yang mana digunakan untuk dapat mengetahui kaitan antara satu variabel dengan variabel yang lain. terdapat tiga analisis dari ekonometri yang didasarkan dari data yang digunakan yaitu runtun waktu atau time series, antar wilayah atau cross section dan analisis data panel.

Adapun analisis runtun waktu ini menjelaskan mengenai segala bentuk perilaku suatu variabel sepanjang waktu dari beberapa waktu secara berturut-turut. Sedangkan analisis antarwilayah menjelaskan mengenai beberapa daerah dari satu waktu ke waktu tertentu. Dan analisis data panel ini dapat menggabungkan antara data runtun waktu dan data antar wilayah.

Metode ekonometrika ini membentuk suatu hubungan antar variabel yang menggunakan teori ekonomi untuk dapat membentuk model ekonomi. sedangkan teori ekonomi yang digunakan adalah bagian dari ilmu ekonomi yang mana terbagi menjadi dua jenis. Sedangkan pembagian dari ilmu ekonomi ini membuat pemodelan terbagi menjadi dua jenis yaitu model ekonomi mikro dan makro.

Adapun dari penulisan model ke dalam bentuk persamaan fungsi dapat dicontohkan di dalam persamaan berikut ini.

Sedangkan pengaplikasian terhadap variabel linier ini dibagi menjadi dua. Yaitu single linier dan multiple linear. satu variabel disebut single linier apabila tersebut bebas dan hanya memiliki jumlah 1 dengan batasan pangkat 1. Sedangkan suatu variabel disebut multiple linier apabila variabel bebas tersebut memiliki lebih dari satu variabel dengan batasan pangkat 1.

Itulah sedikit penjelasan mengenai metode ekonometrika. Pembahasan lebih lanjut dapat dipelajari melalui beberapa pembahasan yang lebih detail.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.